Wisata Kawah Ijen – Siapa yang tidak kenal dengan keindahan alam di Jawa Timur. Mulai dari Pantainya yang indah, hingga jajaran gunung-gunung yang membentang adalah sajian alam yang sayang untuk dilewatkan. Begitu pula dengan Wisata Kawah Ijen. Terletak di Kabupaten Banyuwangi, Kawah Ijen kini laris manis menjadi destinasi wisata ribuan turis setiap tahunnya. Jalan menanjak dan medan berat yang harus ditempuh oleh para turis tidak menjadi masalah untuk menyaksikan salah satu kawah yang paling terkenal di tanah air tersebut. nah, jika Anda berencana melakukan wisata ke Kawah Ijen, beberapa informasi berikut mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

Wisata yang Ditawarkan

Saat berkunjung ke wisata Kawah Ijen, maka tujuan wajib yang harus Anda datangi adalah menyaksikan fenomena Blue Fire di Kawah Ijen. Blue Fire adalah fenomena api kawah yang berwarna biru disebabkan oleh belerang yang dikandungnya. Saat ini, tercatat hanya ada dua fenomena Blue Fire di dunia dan salah satunya ada di Kawah Ijen. Untuk bisa menikmati pemandangan menakjubkan ini, Anda harus datang ke Kawah Ijen pada malam hari, karena hanya pada waktu malam saja warna biru pada kawah bisa terlihat. Selain panorama Blue Fire, Anda juga bisa menikmati hamparan air pada tepi kawah yang memiliki warna sangat indah. Air pada tepi kawah memiliki warna hijau tosca dengan paduan tebing-tebing putih. Tentu pemandangan yang sangat sayang dilewatkan bukan?

Rute Menuju Kawah Ijen

Rute menuju Wisata Kawah Ijen bisa dimulai dari pusat Kota Banyuwangi. Dari pusat kota, Anda bisa langsung menuju daerah Patulding. Jika sudah sampai di sana, Anda akan menemukan sebuah loket yang mulai buka pada pukul 01.00 dini hari. Setiap pendakian ke Kawah Ijen melalui Patulding akan dibuka mulai pukul 01.00 dini hari hingga pukul 12.00 siang. Sebenarnya ada beberapa rute lain yang bisa Anda gunakan untuk naik ke Kawah Ijen, namun mengingat rute Patulding adalah yang paling mudah, sangat disarankan Anda mulai mendaki dari titik tersebut. Waktu pendakian sendiri terhitung cukup lama, yaitu sekitar 3 jam. Disarankan untuk membawa persediaan yang cukup dan juga baju hangat karena suhu di pegunungan sangat ekstrim.

Harga Tiket

Harga tiket di wisata Kawah Ijen bervariasi tergantung hari di mana Anda berkunjung. Untuk wisatawan lokal akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 pada hari kerja, dan Rp 7.500 pada akhir pekan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, maka harga tiket adalah Rp 100.000 pada hari kerja dan Rp 150.000 pada akhir pekan. Bagi Anda yang ingin mengadakan acara di kawasan Kawah Ijen, maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500.

Itulah informasi seputar wisata Kawah Ijen yang bisa Anda ketahui. Tentu menyaksikan fenomena Blue Fire adalah kesempatan langka. Maka dari itu, wisata ke Kawah Ijen bisa Anda masukkan dalam daftar destinasi Anda.